30 May 2016 Published in Ragam Kegiatan Written by  Agung Prayoga

CSO Satria-Asia : Fondasi Membangun Startup Adalah Niat

Rate this item
(0 votes)

Masyakarat kini gencar mendiskusikan Start Up sebagai perusahaan baru yang dapat menyerap tenaga kerja. Sebagai kampus teknopreneur STT NF berusaha memberikan sarana penunjang berupa seminar, workshop, pelatihan dan lain-lain. Pada Sabtu (21/5), STT NF menggelar seminar bertajuk “Mencetak Profesional IT dan Teknopreneur Muslim” di Aula Serbaguna, Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok. Dalam seminar hadir pembicara yang kompeten, salah satunya Putut Bagus Susetyo, Chief Strategy Oficer (CSO) Satria Asia.

Di awal paparannya, Putut menjelaskan bahwa CSO berfungsi untuk menghubungkan antara start up yang satu dengan start up lain. Lalu bagaimana langkah melahirkan seorang teknopreneur andal? Bagaimana membangun bisnis yang hebat?

Menurut Putut, selama kita mau memulai atau ada motivasi kuat untuk membangun bisnis, itu sudah dinamakan langkah awal bisnis. Membangun bisnis memang bukan sesuatu yang mudah, sehingga perlu diperhatikan lima hal kunci berikut.

1. Define

Kita harus mampu mejelaskan, bisnis apa yang akan dibangun? Harus jelas tujuan dan pangsa pasarnya.

2. Mapping

Pemetaan potensi merupakan tahap sangat penting dari pendirian sebuah start up. Pada tahap ini dijabarkan potensi internal dan eksternal yang dimiliki.

3. Developing

Tahap ini kita mulai membangun bisnis dalam bentuk real. Kita dapat menganalisis proses bisnis selanjutnya. Fase pembangunan awal sekitar 3-6 bulan.

4. Expanding

Perluasan merupakan fase setelah bisnis berjalan selama satu tahun. Pada fase ini kita membangun produk turunannya. Bisnis yang dibangun harus memiliki fundamental kuat, jangan hanya membangun bisnis asal-asalan saja.

Jika sudah ada produk yang akan dijadikan komoditas, maka ada dua tahap yang harus silakukan yaitu:

1. Tahap Uji Produk

2. Tahap verifikasi dari produk tersebut

5. Exit Strategi

Exit Strategi merupakan tahap yang sangat penting dalam membangun sebuah start up, karena pada fase ini kita mementukan format perusahaan. Apa rencana kita ke depan ? Kita harus tahu, bisnis nantinya mau dibawa ke mana? Arah ke depan harus jelas.

Selanjutanya Putut juga memberikan beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk membangun sebuah bisnis hebat.

1. Positif/Profitable

Kunci utama membangun start-up nya adalah positif. Kita harus membangun start-up yang positif. Membangun start-up jangan hanya sekedar membangun. Bangunlah start up yang menguntungkan, jangan sampai membangun startup yang merugikan masyarakat.

2. In control

Harus jelas tugas dan tanggung jawabnya, sehingga kontrolnya pun jelas. Harus mempunyai kontrol masing-masing di setiap bidang. Kontrol adalah skill (keterampilan), karena yang dibutuhkan bisnis itu bukan hanya ide, melainkan juga keterampilan. Ide tanpa keterampilan tidak ada artinya. Ide dan skill itu sendiri harus imbang, sehingga nantinya kita dapat mambangun bisnis yang dapat berkembang dengan pesat

3. Good for all

Produk yang kita buat, harus merupakan produk dan jasa yang bermanfaat untuk orang lain. Pada akhirnya, akan banyak orang yang menggunakan produk kita. (Agung Prayoga)

Read 329 times